Rabu, 15 Agustus 2012

S1 ASIX & MPASI

Beberapa minggu yang lalu, saya sudah bercerita tentang Razka di usia genap 6 bulan. Bercerita pengalaman ngASIX selama 6 bulan, tapi tulisan itu hilang begitu saja karena error system. hikss. Sudah panjang lebar bercerita, dan sekarang kalau harus bercerita via tulisan malas lagi, klo lewat lisan no problem lah, bermodalkan suara dan memori aja kok. heheheee...

So, review singkat aja deh tentang MPASI perdana Razka. Oia dan tentunya kebanggaan saya sebagai ibu bisa memberikan Asi Eksklusif untuk baby Razka. Tanda autentik kebanggaan saya buat Razka : D...check this..:p 

Yup!!! sertifikat ini selalu membuat saya tersenyum. Hanya ada 3 hal yang bisa membuat saya berhasil dalam memberikan ASI Eksklusif untuk buah hati saya yaitu NIAT, TEKAD, dan SUPPORT. Ketiga hal itu berperan besar terutama pada diri sendiri karena dua hal yaitu niat dan tekad ada pada dalam diri sendiri. dan satu hal nya lagi ada pada lingkungan. Pernah baca tulisan orang lain "Keras Kepala yang Sangat Dianjurkan adalah NgaASIX". yup..i agree..:)

Mindset saya selama 6 bulan ke belakang adalah Razka Pasti Mau Mimik ASI walaupun medianya apa aja. Tak terbesit sedikit pun pikiran bahwa anak saya tidak suka ASI dengan media apa pun, terutama DOT. Karena hannya DOT yang saat itu membantu Razka sekaligus Ibu mertua yang akan menjaga Razka selama saya kerja. Alhamdulillah, mindset is doa. Kini Razka lulus S1 Asix tanpa catatan apapun. Selamat ya Nak soleh Bunda.

MPASI PERDANA
Lulus S1 Asix itu artinya Razka bisa diberikan Makanan Pendamping ASI. Berbekalkan ilmu yang seadaanya, saya mencoba untuk tidak memaksa anak makan jikalau ia sudah tidak nyaman/suka memakan makanan tersebut di usianya yang dini ini. Karena saya pun kwatir ia akan trauma makan jika saya jejalkan makanan ke mulutnya. :D. 
Pertama makan, Razka hanya mau memakan sebanyak 5 sendok puree buah. Dan ilmu yang saya dapatkan, hal itu wajar. Lega deh :D. Hari-hari berikutnya semakin rusuh cara makan Razka *tepok jidat. Puree bukan hanya mengotori slaber/bips-nya tapi juga seluruh muka dan rambutnya. hadeeeehhhh...rusuh abis. Saya melihatnya hal itu wajar dan lucu, karena ia masih bayi dan baru mengenal konsep makan pagi dan makan sore (Razka baru makan 2x sehari). Terkadang saya pun ikutan blepotan puree itu. Tangan, kaki, kepala, mulut gak bisa diemmm. Semua aktif bergerak. Oia Razka pun sudah bisa minum dengan gelas, ya walaupun tumpah-tumpahn namun saya bahagia. hahahhahahaaa.

Rencana MPASI Razka di usia 6 bulan adalah puree buah-buah sejenis. Memasuki 7 bulan, baru saya akan memberikannya puree mixed buah-buah, memasukin 8 bulan mixed sayuran, buah dan serelia. Bertahap dan bismillah selalu positif thinking deh terhadap makannya. hehehe

Buah-buah yang sudah Razka makan adalah sbb:
Apel, Pir, Labu Parang, Pepaya, Melon hijau, Tomat Cherry (kecil-kecil yang manis), Buncis (ini nyoba-nyoba. hadeee), Jambu biji merah, Wortel, Alpukat, Mangga Manis. Lainnya menyusul..:)

Berbicara tentang makan, lalu bagaimana dengan pupnya? Ya, alhamdulillah Razka sudah hampir 3 minggu makan tidak ada masalah sembelit. Moga seterusnya. Amin. :)

Fotonya seadanya..hehehe

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar