Minggu, 03 November 2013

Manfaat Berenang Bagi Anak

Saya akui memang berenang merupakan salah satu aktifitas yang menyenangkan untuk anak-anak balita maupun anak-anak di usia 5 tahun ke atas. Aktifitas renang menyenangkan bagi mereka. Ini salah satu yang dapat saya tangkap ketika mengajak beberapa orang keponakan (usianya 3-10 tahun). Rata-rata dari mereka tidak mau berhenti untuk berenang walaupun sudah hampir 1 jam. Waktu 1 jam ini hanya di kolam renang standar yang tidak ada area permainannya, jadi kebayang kalau berenang di area kolam renang yang banyak area permainannnya seperti waterboom, butuh berapa lama hingga mereka benar-benar mau berhenti bermain air. Mmhhmmm....:)

Terus melatih Razka agar tidak takut untuk berenang


Sejak usia sekitar 4 bulan saya sudah mengenalkan berenang untuk razka, tentu berharap banyak manfaat yang diperoleh dari berenang sejak dini. Namun, ketika ia berusia 14 bulan aktifitas berenang bukan hal yang menyenangkan baginya, karena sempat beberapa kali diajak berenang ia tidak mau menyebur ke kolam, mau nya digendong, pakai ban pelampung pun tidak mau, ingin segera menyudahi, dst. Ooo..oo..oo kenapa ini? rupanya ia pernah trauma "tenggelam" hingga air masuk ke hidungnya dan menangis takut. Trauma dalam hal baru bagi anak yang baru mengenal hal itu, ternyata wajar. Beberapa anak pun pernah mengalaminya (sharing oleh beberapa teman, membaca pengalamanan di luar sana). Solusinya "jangan menyerah dan coba lagi untuk di lain waktu". Untuk aktifitas yang bermanfaat dan baik untuk anak, pasti orang tua mengusahakan untuk mengenalkannya kembali. Bukan begitu? :)

Tips dari saya:
Jangan terlalu berkepanjangan memandikan anak dengan air hangat, karena hal ini salah satu penghambat anak tidak mau berenang. Menurut pengalaman saya, anak di usia 1 tahun ke atas sudah seharusnya mandi dengan air biasa, bahkan referensi yang pernah saya baca anak di usia 9 bulan sudah bisa dikenalkan dengan air biasa. Razka termasuk anaknya terlalu lama mandi dengan air hangat, jadi ketika saya fulltime di rumah dan memandikan dengan air biasa, selalu kedinginan dan tidak mau disiram. Hal ini saya selalu coba dan coba membiasakan ia mandi dengan air biasa. Alhamdulillah sudah mulai terbiasa di usianya kini 21 bulan. (kamu sudah gede ya nak, tak terasa sudah mau 24 bulan :* )

Ternyata manfaat berenang cukup banyak lho, diantaranya:
1. Olahraga yang menyenangkan dan ringan bagi anak (tetap tidak lepas dari pengawasan ortu ya).
2. Sehabis berenang, mendadak si anak makannya menjadi banyak (klo urusan makan si anak, si ibu jadi senang donk kalau anak makannya banyak :D, happy deh ibunya ;p).
3. Selain makannya jadi banyak, tidur pun pulas. :) Bagus donk ya, biarkan otak istirahat sejenak dari aktifitas rutin karena ketika otak beristirahat maka diikutin dengan perkembangan otak anak yang masih terus tumbuh di usia tumbuh kembangnya. (ilmunya darimana? rajin aja baca-baca di internet seputar tumb-ang anak ya moms).
4. Suatu penelitian di Melbourne, Australia mengukur IQ anak yang berusia 10 tahun. Ternyata hasilnya anak-anak yang diajarkan berenang sejak bayi memiliki IQ lebih tinggi daripada anak-anak yang tidak diajarkan bernenang atau diajarkan berenang setelah usia 5 tahun. Gerakan anggota badan si kecil saat berenang dapat merangsang pertumbuhan sarat otak. (sumber : dari sini )
5. Bermain dalam air akan membuat saraf dan otot bayi berkembang. Dengan bergerak semua bagian tubuh bayi akan terlatih walaupun terniknya belum sempurna .(sumber : dari sini)
6. Berada dan menjelajahi kolam renang yang besar dan luas bersama orang tua akan mendorong bayi menjadi lebih berani dan Memerkuat ikatan emosi. Tidak hanya bermanfaat dari segi fisik, kebersamaan dengan sentuhan dan interaksi hangat saat mendampingi si kecil di kolam renang akan membuat jalinan emosi lebih kuat. (sumber : dari sini)
7. Berenang bisa membantu menguatkan otot-otot jantung pada bayi dan memperbaiki sistem kardiovaskular pada bayi. (sumber : sini )
8. Berenang bisa membantu meningkatkan detak jantung dan pemberian oksigen yang lebih baik untuk bayi. (sumber : sini )
9. Berenang dapat juga meningkatkan kapasitas paru – paru pada bayi, karena pada bayi biasanya kapasitas paru paru cenderung menurun, sehingga potensial timbulnya asthma. (sumber : sini )
10. Secara psikologis berenang pada bayi dapat menciptakan perasaan wellness (senang) karena saat berenang otak disintesis dan endorfin diekskresikan oleh zat tha di mana zat tha ini bisa menciptakan perasaan wellness. (sumber : sini )


Banyak bukan manfaatnya? Apapun aktifitas yang kita kenalkan pada anak semoga mempunyai manfaat yang banyak daripada sia-sianya. Aamiin.
Salute to great parents in the world, you are angels for your children. :) be happy mom and dad.


Neng Rara tidak pernah takut kedalaman air di kolam renang,
di kedalaman 2 meter pun ia berani di usianya 8 tahun

They are look so happy, right?


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar